home

Senin 09 Mei, 2016

Sering Kebagian Kerja Shift Malam? Ini Dampak Buruknya Untuk Tubuhmu

Saat berbicara tentang pekerjaan dan jam kerja, ada kalanya perusahaan tempatmu bekerja menerapkan buat kerja di shift malam. Biasanya shift malam dimulai ketika sore hari dan berakhir di larut malam atau bahkan pagi dini hari.

Efeknya, tentu saja jam tidurmu mulai kacau. Sebab kamu diharuskan bekerja di ketika jam alami tubuh memaksamu buat tidur. Selain efek tersebut, berikut adalah dua efek lainnya buat tubuh terutama kesehatanmu saat kamu harus bekerja di shift malam.

Mengganggu siklus tidur
Otak manusia memiliki bagian yg dikenal sebagai siklus sirkadian. Bagian ini bertanggung jawab buat mengatur siklus tidurmu termasuk dengan segala fungsi tubuh seperti sistem pencernaan, detak jantung, dan suhu. Shift malam mulai mengganggu siklus sirkadian ini yg kemudian dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Menurunkan sistem metabolisme tubuh
Terganggunya siklus sirkadian dalam tubuh juga mulai mempengaruhi pengaturan hormon, terutamanya rendahnya kadar hormon leptin yg mengatur metabolisme tubuh. Akibatnya mulai muncul gangguan sistem metabolisme.

Menyebabkan kegemukan dan diabetes
Saat sistem metabolisme dalam tubuhmu terganggu, kadar hormon leptin juga ikut berantakan. Padahal leptin berpengaruh terhadap kadar insulin dan gula darah. Sehingga dapat ditebak, risikomu bagi terkena obesitas atau kegemukan dan diabetes juga mulai meloncat tajam.

Meningkatkan risiko kanker payudara
Beberapa penelitian memamerkan bahwa wanita yg bekerja dengan shift malam mulai mengalami peningkatan buat terkena risiko kanker lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yg memiliki jam kerja normal.

Menyebabkan depesi
Tak cuma hormon leptin saja yg terganggu, seringnya kerja dengan shift malam juga dapat membuat kadar hormon serotonin menjadi rendah. Saat kadar hormon serotonin dalam tubuhmu rendah, maka kamu mulai tidak jarang mengalami mood swing, gampang marah, gampang cemas, dan berakhir dengan depresi.

Tak cuma itu saja, seringnya kerja shift malam bisa menyebabkan gangguan penyakit kardiovaskular. Sebab obesitas, diabetes, kurang tidur, dan gampang stres karena bekerja shift malam mulai berujung pada gangguan jantungmu.Baca juga:
Lelah karena kurang tidur sebabkan seseorang menjadi menyebalkan
Mengapa orang insomnia disuruh menghitung domba? Ini penjelasannya!
5 Mitos tentang tidur siang ini benar atau salah?
Mengapa orang menguap ketika mengantuk? Ini jawabannya!

Sumber: http://www.merdeka.com