home

Senin 09 Mei, 2016

Tak Perlu Morfin Untuk Redakan Rasa Sakit, Cukup Perbanyak Teman!

Setiap manusia normal dan masih hidup tentunya bisa merasakan sakit, walaupun tingkatannya berbeda-beda. Dalam artian, ada yg bisa menahan rasa sakit karena luka benturan atau robek pada tubuhnya dan ada pula yg mulai meraung kesakitan cuma karena kulitnya tergores sedikit saja.

Sekarang ini banyak obat-obatan yg diciptakan sebagai pereda rasa sakit, akan paracetamol sampai dengan memakai morfin. Walaupun obat-obatan tersebut diciptakan oleh pakar medis dan melalui berbagai riset, namun tetap saja ada bahan kimia yg digunakan di dalamnya yg mana efeknya mulai diketahui dalam jangka waktu lambat atau cepat.

Namun, penggunaan obat-obatan tersebut mampu digantikan dengan cara alami yg tidak menghasilkan efek samping dan justru membuat seseorang mulai bahagia, merupakan dengan memperbanyak teman. Yup, benar, memiliki banyak teman mampu mengurangi rasa sakit, lho.

Menurut penelitian dari para pakar medis dari University of Oxford dan sudah dipublikasikan di Journal Scientific Reports, seseorang yg memiliki banyak teman mampu merasakan hidupnya menyenangkan dan membuatnya resistan terhadap rasa sakit fisik.

Katerina Johnson, salah seorang peneliti mengungkapkan bahwa jumlah teman dan kekuatan tubuh menahan rasa sakit memiliki keterkaitan, karena rasa senang tersebut mulai menstimulasi sintesis dari endorfin atau sebuah neurotransmitter yg dapat memberikan rasa nyaman dan positif terhadap tubuh. Dengan rasa nyaman, tenang dan bahagia itu, maka seseorang tak mulai merasakan rasa sakit pada tubuhnya dan bisa dikatakan sebagai bentuk pereda rasa sakit alami.

Di dalam otak manusia terdapat senyawa kimia yg dinamakan endorfin. Senyawa sesuatu ini berfungsi bagi menghadang rasa sakit pada tubuh dan memberikan efek penenang secara alami sehingga membuat seseorang menjadi senang. Selain itu, endorfin juga bisa mendorong kemampuan seseorang buat berinteraksi dengan sesamanya, jelas Katerina.

Mungkin hal inilah yg menjadi jawaban bahwa seseorang yg memiliki sedikit teman lebih rentan terhadap depresi dan kemudian dia tak dapat bagi menahan rasa sakit yg diterima karena ketidakmampuan otak bagi mengeluarkan endorfin.Baca juga:
Perbesar payudara tanpa operasi lewat 4 gerakan sederhana ini
Perlu tahu, 7 manfaat ajaib dari air putih
7 Alasan kenapa kamu harus mencoba konsumsi raw food
Ingin terbebas dari bau badan? Gunakan deodoran sebelum tidurJangan lewatkan:
Gaya komunikasi Ahok dinilai tidak cerminkan ideologi pancasila
Radio Bung Tomo telah rata, bukti tidak cinta sejarah bangsa?
Pria gondrong pemakai baju palu arit di Malang tidak dapat baca & tulis
Gelagat Syahrul Yasin Limpo setelah jadi caketum Golkar tanpa bayar
30 Orang tewas keracunan gara-gara dendam adik pemilik toko kue
Sumber: http://www.merdeka.com